Mengapa Gereja Bisa Membeli Tata Suara Sampai Tiga Kali? Apakah Bisa Anda Hanya Membeli Cukup Satu Kali?

Langkah-langkah mendesak diambil.

Jika mereka beruntung, gereja akan menyadari bahwa pada titik ini mereka sebaiknya mencari seseorang yang benar-benar mengetahui apa yang mereka lakukan, seseorang yang terbukti dengan hasil kerja yang baik. Seseorang itu adalah seorang akustik konsultan yang berspesialisasi pada desain tata suara untuk gereja dan tempat-tempat pertunjukan.

Seseorang yang mengetahui bagaimana system loudspeaker berhubungan dengan ruangan yang besar, mengapa terjadi feedback dan bagaimana mencegahnya, bagaimana untuk mendapatkan suara yang bagus dan volume suara yang sama kepada setiap orang di jemaat dan di panggung, bagaimana mencegah musik berubah menjadi jelek, bagaimana mencegah suara dengung and suara-suara buzz seperti lebah terjadi, dan semua hal yang bisa terjadi di ruangan yang besar.

 Seseorang yang memaksa untuk bertemu dengan pastor, pemimpin dari kelompok pujian dan penyembahan, dan teknisi, mempelajari tempat pujian dan mengukur akustiknya. Seseorang yang akan dibayar untuk mendesain tata suara karena mereka tidak bekerja berdasarkan komisi atau keuntungan dari penjualan peralatan.

Mengapa semua ini harus menjadi begitu rumit?

Bagaimanapun juga, bukankah yang kita bicarakan adalah sesuatu yang lebih sederhana dari PA system? Mengapa gereja tidak membeli sebuah mixer dan beberapa loudspeaker dari toko peralatan sound system (atau dari toko musik) dan menggantungnya di dinding?

Itulah yang mereka lakukan di gereja kecil yang baru saja di tempati dan hal tersebut bekerja dengan baik.

Ada beberapa alasan yang kuat.Pertama, ketika ukuran ruangan penyembahan menjadi lebih besar, tuntutan untuk tata suara bertambah dengan pesat.

Di tempat yang kecil, paduan suara (koor) dan band pujian tidak membutuhkan amplifikasi untuk didengar jemaat, dan sangat jarang terjadi gaung yang membuat kata-kata yang disampaikan sulit dimengerti.

Ada gereja yang tidak pernah punya sound system, dan jemaatnya dapat mendengar pengkhotbah dengan baik! Tetapi tempat duduknya hanya untuk beberapa puluh orang.

Tempat yang lebih besar, semakin banyak gaung yang muncul untuk meredam kata-kata yang diucapkan dan band pujian. Gema dari dinding belakang, balkon, dinding samping dan langit-langit dapat membuat semuanya lebih buruk. Dibutuhkan desain tata suara yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah ini.Hal ini dapat dilakukan dan dilakukan dengan baik sekali, tetapi tidak mudah.

Suara harus dikontrol dengan hati-hati, diarahkan hanya untuk telinga pendengar dengan sesedikit mungkin suara yang mencapai dinding dan langit-langit. Hal ini membutuhkan tipe loudspeaker yang tepat di tempat yang tepat dan diarahkan secara hati-hati.Loudspeaker didesain untuk band bar atau untuk tour sangat jarang menjadi pilihan yang tepat disini.

Kedua, aturan (pemakaian) dari suara dan amplifikasi harus dipusatkan kepada pujian dan penyembahan.Musik digunakan untuk menginspirasi, untuk mengangkat semangat, dan untuk membawa orang kepada saat hening.Paduan suara yang biasanya hanya menggunakan piano atau organ sekarang juga menggunakan keyboard dengan rythm box dibanyak gereja.

Pada gereja yang memasukkan gaya kontemporer pada penyembahan, tata suaranya harus mampu membuat paduan suaranya lebih keras untuk mengimbangi drum dan instrumen elektronik, dan para pemain musik juga harus mampu untuk mendengar satu sama lain untuk bermain bersama. Sekali lagi, kontrol suara yang sangat berhati-hati merupakan hal yang kritis jika hal ini ingin didapatkan tanpa feedback.

Desain akustik ruang penyembahan ini pada dasarnya penting untuk dua hal di atas, dan banyak gereja didesain tanpa saran yang kompeten tentang akustik. Sering kali, banyak gema dalam gereja sehingga suara band pujian menjadi jelek bahkan sebelum tata suara dinyalakan.

Desain tata suara yang hati-hati dan dana yang cukup DAPAT menghasilkan kotbah yang dimengerti dengan baik hampir di seluruh ruangan.

Tetapi TAK ADA yang dapat dilakukan dengan tata suara untuk meningkatkan suara band pujian pada lingkungan dengan akustik yang jelek, kecuali menguatkannya dengan energi yang terfokus dengan hati-hati.

Saat ini, semuanya menjadi terlalu keras dan tidak nyaman dan sering kali sangat keras sehingga membuat orang-orang menjauh dan menyebabkan kehilangan pendengaran permanen.Tentu saja hal ini bukanlah hal yang dilakukan orang Kristen kepada siapapun.