7 jenis lighting untuk stage lighting

5 JENIS PERLENGKAPAN LIGHTING YANG SERING DIPAKAI UNTUK ACARA

Jenis Perlengkapan Lighting yang Paling Sering Dipakai

7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung

Bagi Anda yang akan menggelar suatu event atau hanya tertarik memahami dunia stage lighting tapi bingung dengan sekian banyaknya model dan jenis lighting yang ada? Tenang saja, kali ini kita akan membahas jenis lighting dan perlengkapan yang paling sering dipakai dalam sebuah acara baik itu panggung musik, theater, film, ataupun pagelaran seni budaya dan panggung hiburan lainnya.

Kami akan memperkenalkan kepada Anda secara singkat jenis – jenis stage lighting atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah ‘lampu panggung’. Fungsi utama stage lighting adalah untuk membuat panggung jadi semakin dramatis dan lebih meriah. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa jenis lighting yang paling sering dipakai dalam setiap event.

Berikut adalah 5 jenis perlengkapan lighting yang paling sering dipakai:

  • PAR (Parabolic Aluminized Reflector)
PAR (Parabolic Aluminized Reflector)
PAR (Parabolic Aluminized Reflector)

PAR adalah jenis lampu statis yang tidak bisa bergerak. Bentuknya parabola dengan LED kecil beraneka warna memenuhi sisi parabola. Saat lampu menyala, panggung akan terkena cahaya warna-warni yang memenuhi  setiap sisi.

Penyedia layanan sewa lampu panggung biasanya memiliki banyak jenis PAR yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Masing-masing PAR memiliki kemampuan untuk membuat ambient atau suasana tertentu yang pas untuk pertunjukan.

  • Fresnel
Fresnel Lamp
Fresnel

Fresnel merupakan jenis lampu yang biasanya digunakan untuk penerangan dengan warna netral di panggung. Lampu ini menggunakan jenis lampu discharge atau lampu halogen, tetapi pada bagian depannya dipasang lensa fresnel.

Lensa fresnel merupakan jenis lensa yang berguna untuk menghasilkan cahaya yang sejajar dari suatu lampu.

Prinsip kerja fresnel seperti lensa cembung yang dapat menghasilkan sinar sejajar jika ada sumber sinar disatu titik. Lensa fresnel merupakan modifikasi dari lensa cembung karena sumber sinar berasal dari lampu yang dimensi fisiknya besar, sehingga sumber sinar berasal dari bentuk yang sama sekali bukan titik sinar.

  • Follow Spot
Follow Spot
Follow Spot

Follow spot adalah fixture yang digunakan untuk memberikan efek spot light ukuran besar. Berbeda dengan beberapa lampu panggung yang dijalankan secara otomatis, lampu ini dijalankan secara manual oleh operator yang berada di depan atau samping panggung.

Fungsi utama dari follow spot ini adalah mengikuti pergerakan dari objek yang sedang melakukan performance-nya. Lampu ini akan menyorot objek ke mana pun berjalan sehingga fokus dari penonton hanya akan tertuju pada objek tersebut.

  • Moving Head
Moving Head
Moving Head

Moving head, salah satu yang paling sering kita jumpai selain PAR, adalah fixture yang mempunyai head/kepala yang dapat bergerak karena terdapat motor di dalamnya yang mengatur posisi, arah, dan kecepatan gerakan.

  • Smoke Machine
Smoke Effect

Smoke Machine merupakan efek asap kabut untuk keperluan acara pertunjukkan. Smoke machine biasanya mampu disetting menyebar sesuai dengan kemauan dan keperluan suatu acara.

jenis perlengkapan lighting: Smoke Machine

Asap yang dikeluarkan pun tidak menggeluarkan bau ataupun menyebabkan bau, serta dapat dirubah warna sesuai dengan kebutuhan. Untuk merubah warna asap, maka anda memerlukan liquid khusus.

Demikianlah ulasan beberapa jenis peralatan lighting yang sering digunakan untuk kebutuhan sebuah acara atau event. Informasi ini kami khususkan bagi Anda yang sedang bingung menentukan keperluan lighting untuk acara yang akan digelar.

Kami juga merekomendasikan Vincent Maestro Group sebagai solusi kebutuhan lighting Anda. Selain sudah berpengalaman dan memiliki standard kualitas tinggi, perusahaan ini juga menyediakan konsultasi bagi kebutuhan lighting untuk acara yang akan Anda digelar.

Anda bisa menghubungi link ini untuk reservasi ataupun konsultasi untuk kebutuhan lighting dalam acara yang akan Anda gelar. Atau Anda bisa langsung mendatangi kantor Vincent Maestro Group pada alamat dibawah ini:

Vincent Maestro Office
Di Jalan Simo Pomahan Baru No. 3 Surabaya
Telp.031-7490971
+628123599790 | +6281938667567 | +6281330023665
+628113381388 | +62811329479

Vincent Maestro Group
Jasa Sewa Sound system, Lighting, Genset, LED Wall, dan Multimedia

Semoga informasi dari kami ini dapat berguna bagi Anda.

Summary
5 JENIS PERLENGKAPAN LIGHTING YANG SERING DIPAKAI UNTUK ACARA
Article Name
5 JENIS PERLENGKAPAN LIGHTING YANG SERING DIPAKAI UNTUK ACARA
Description
Artikel ini membahas tentang beberapa jenis lighting yang sering dipakai untuk kebutuhan panggung beserta fungsinya. Dengan tujuan untuk memudahkan Anda yang akan melaksanakan event dapat memilih lighting sesuai kebutuhan.
Author
Publisher Name
Vincent Maestro Group
Publisher Logo

3 thoughts on “5 JENIS PERLENGKAPAN LIGHTING YANG SERING DIPAKAI UNTUK ACARA”

  1. Pingback: Perkembangan Lighting Dalam Dunia Industri - Vincent Maestro Group

  2. Pingback: Sejarah Lampu - Vincent Maestro Group

  3. Pingback: TIPS MEMILIH JASA SEWA LIGHTING PANGGUNG PROFESIONAL - Vincent Maestro Group

Leave a Comment