Sound System Basic Part 3 by Vincent Maestro

SOUND SYSTEM BASIC (Part 3): Sound System Sederhana dan Karakteristik Suara yang Baik

Pada pembahasan terakhir ini, kita akan mempelajari mengenai sound system sederhana dan tentang karakteristik suara yang baik.

Sound system basic by Vincent Maestro

Sound System

Audio chain adalah susunan – susunan komponen sound system sederhana yang terdiri dari Control Device (mixer), Input Device (microphone), Amplification Device (power amplifier), serta Output Device (loudspeaker).

Sound system memiliki tiga level sinyal elektrik, ketiga sinyal tersebut adalah microphone level (orde mili Volt), line level (yang mendekati satu Volt), dan speaker level (10 Volt atau lebih).

Microphone level transducer Input yang dapat menerima getaran dan merubahnya menjadi sinyal yang nantinya akan di proses untuk menjadi suara pada loudspeaker.Sinyal microphone level akan dikuatkan atau diamplifikasikan ke line level, bisa juga dikombinasikan dengan sumber suara lainnya oleh mixer. 

Production Audio Chain

Selanjutnya sinyal line level ke speaker level akan dikuatkan oleh power amplifier untuk mengubahnya menjadi bunyi atau suara. Berdasarkan hal tersebut maka loudspeaker merupakan transducer output.

Transducer mengubah energi listrik menjadi energi getar atau sebaliknya.
Amplifier hanya melakukan amplifikasi /menguatkan sinyal tidak mengubah energi listrik.

Equalizer, limiter, time delay atau yang biasa disebut Electronic signal processor (ESP) disisipkan ke audio chain di antara mixer dan power amplifier. ESP ini beroperasi pada line level. Fungsi ESP adalah untuk meningkatkan kualitas suara/mengubah suara menjadi yang suara yang diinginkan.

Equalizer adalah alat untuk menyeimbangkan level frekuensi sehingga tercipta suara yang nyaman untuk didengar.

Equalizer yang paling sering digunakan adalah 1/3 Octave Graphic Equalizer.

Sumber suara dari mixer dilewatkan terlebih dahulu ke graphic equalizer sebelum dikirimkan ke power amplifier dan loudspeaker.

Sound system memiliki suara flat jika suara yang dihasilkan oleh sound system terdengar seperti aslinya. Kondisi ini bisa di dapatkan dengan mengatur level frekuensi pada equalizer.

Output dari sistem dapat dikirim secara simultan ke beberapa ruangan langsung dengan menggunakan tambahan power amplifier dan loudspeaker. Output tersebut juga dapat dihubungkan ke alat perekam atau untuk broadcast

Apa yang dimaksud dengan Karakteristik Suara yang Baik (good sound)?

Vincent Maestro Amplifier


Ada tiga parameter utama untuk mengukur tingkat kualitas suara. Ketiganya adalah: fidelity (kemiripan), intelligibility (kejelasan/dapat dimengerti), dan loudness (kekerasan). Berikut adalah penjelasannya:

Fidelity (Kemiripan)

Fidelity adalah kemiripan dari suara yang ditentukan oleh respon frekuensi dari suara yang sampai ke telinga. Jadi suara bisa disebut memiliki fidelity yang tinggi jika suara yang sampai ke telinga respon frekuensinya sama dengan suara asli yang keluar dari instrumen/vokal.

Keterbatasan salah satu komponen saja dapat membatasi kemiripan (fidelity) suara yang dihasilkan oleh sistem, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua komponen dalam audio chain memiliki kontribusi dalam hal ini. Namun, penggunaan high fidelity sound system tidak menjamin suara yang sampai kependengar memiliki fidelitas yang tinggi, karena harus memperhitungkan juga pengaruh dari akustik

Intelligibility (Kejelasan)

Intelligibility atau  kejelasan dari suara yang ditentukan oleh signal-to-noise ratio (SNR) rata-rata dan direct-toreverberant sound ratio pada telinga pendengar. Dalam satu pertemuan, “sinyal” utama merupakan suara manusia (speech/spoken word). Sedangkan “noise”-nya adalah ambient noise di ruangan dan juga noise elektrik yang berasal dari sound system.

Agar mendapatkan speech yang dapat dimengerti dengan tingkat kejelasan yang maksimal dan usaha yang minimal, level speech setidaknya harus 20 dB lebih keras dari noise di setiap telinga pendengar.

Dikarenakan hal tersebut  menuntut level suara yang masuk ke microphone setidaknya 30 dB lebih keras dari ambient noise yang masuk ke microphone.Direct-to-reverberant ratio ditentukan oleh arah loudspeaker dan karakteristik akustik ruangan (apakah bergema atau tidak).

Reverberation time adalah selang waktu dimana suara masih berlanjut dalam sebuah ruangan bahkan setelah sumber bunyinya berhenti, apabila level reverberation sound cukup tinggi, dapat menyebabkan kesulitan untuk membedakan antaran akhir dari perkataan dengan awal dari perkataan berikutnya.

Reverberation dapat direduksi hanya oleh absorptive acoustic treatment, jadi dengan menaikkan level sound system akan menaikkan level reverberation-nya juga. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan directional loudspeaker sehingga memungkinkan suara untuk lebih tepat mengarah ke pendengar dan menjauh dari dinding dan permukaan-permukaan reflektif lainnya yang dapat mengakibatkan reverberation.

Loudness (Kekerasan)

Loudness (Kekerasan) dari speech atau music di posisi pendengar terjauh harus cukup untuk mencapai level kenyamanan untuk speech, dan juga tipe musik tertentu tanpa distorsi dan feedback.

Level volume suara terkeras ditentukan oleh dynamic range dari sound system, potential acoustic gain (PAG), dan akustik ruangan. Dynamic range sebuah sound system adalah perbedaan antara level noise floor sistem dan level volume suara yang terkeras dapat dihasilkan tanpa terdistorsi, hal ini hanya dibatasi oleh penguatan yang diberikan oleh power amplifier dan loudspeaker.

Potential acoustic gain (PAG) merupakan ukuran seberapa besar gain/amplifikasi yang dapat diberikan sebuah sound system sebelum feedback terjadi. Potential acoustic gain (PAG) sebagian kecil bergantung kepada tipe komponen sistem, dan sebagian besar kepada lokasi/penempatan microphone, loudspeaker, pembicara dan juga pendengar.

Vincent Mestro mixer

Demikianlah artikel terakhir dari pembahasan sound system basic dari Vincent Maestro Group yang semoga bisa bermanfaat bagi segenap pembaca, dan semoga dapat memberikan edukasi tentang penggunaan sound system secara tepat agar dapat mensukseskan acara Anda.

Jika Anda ingin menghindari kesalahan dalam penggunaan sound untuk acara Anda, kami menyarankan sebaiknya Anda menggunakan jasa sewa sound system profesional, dikarenakan dalam persewaan sound system profesional telah memiliki standar dalam penggunaan sound system baik untuk acara di dalam atau di luar ruangan.

Untuk melihat harga yang kami sediakan, Anda bisa mengikuti tautan kami disini, Untuk konsultasi dan pemesanan Anda bisa menghubungi WA tim kami disini

Vincent Maestro Group
Jasa Sewa Sound system, Lighting, Genset, LED Wall, dan Multimedia

Vincent Maestro Office
Di Jalan Simo Pomahan Baru No. 3 Surabaya
Telp.031-7490971
+628123599790 | +6281938667567 | +6281330023665
+628113381388 | +62811329479

Leave a Comment