Suara Pengisi Acara di Dalam Ruangan Tidak Jelas?? Ini Alasannya!!

Tata suara ruang

Edukasi

Ruangan bergaung seperti Masjid, Gereja, gedung olah raga yang sering digunakan untuk ceramah, khotbah, seminar, dan acara-acara  lain, biasanya membuat hadirin kurang dapat mendengarkan suara dengan jelas.

Tantangan terbesar terjadi pada ruangan dengan akustik yang sangat jelek, sehingga renovasi plafon dan dinding ruangan merupakan hal utama yang semestinya dilakukan.

Namun jika hal itu tidak bisa dilakukan dengan alasan tertentu, maka solusi terakhir adalah memilih jenis speaker yang khusus didesain untuk ruangan bergaung.

Peralatan yang terbaik (baca: terakhir) untuk gedung bisa didapatkan dengan mempertimbangkan akustik ruangan dan bekerja secara cermat dengan para kontraktor.

Akan tepat sekali jika meminta saran akustik dan tata suara yang baik di awal proses desain, sebelum konstruksi dimulai. Akustik sangat mempengaruhi kualitas ucapan suara dan musik dalam gedung dan ditentukan secara keseluruhan oleh arsitektur dan bahan interior ruangan.

Baca Juga : Tips Memilih Persewaan Sound System yang Tepat!

Memperbaiki akustik setelah bangunan selesai seringkali cukup mahal, namun tidak demikian jika merancangnya secara benar sebelum dibangun.

Pihak pembeli perlu untuk memperkerjakan konsultan tata suara yang baik di awal proyek, karena hal ini menghemat uang untuk jangka panjang.

Ruangan Bergaung

Selalu lebih murah dan lebih baik untuk melakukannya dengan benar pada kali pertama. Jika dana terbatas, jauh lebih baik jika menyelesaikan desain dengan benar dan menunda pembelian barang-barang yang bisa ditunda.

Pada ruangan yang bergaung (seperti misalnya kebanyakan gedung dengan langit yang tinggi), kejelasan artikulasi ucapan/suara, seringkali tidak diperhitungkan dengan matang ketika memutuskan pembelian peralatan tata suara.

Memang, TIDAK ADA peralatan tata suara yang dapat menghilangkan gaung dalam ruangan, namun dengan menggunakan speaker yang didesain khusus untuk ruang bergaung (yaitu speaker yang dispersi suara vertikalnya sangat kecil), maka gaung dapat dikurangi secara signifikan.

Setiap arsitek yang mengerti bahwa akustik harus ditangani dengan benar, akan bersedia bekerja sama dengan konsultan akustik yang handal untuk proyek gedung bergaung atau pun ruang yang besar.

Dan kebalikannya juga sama. Setiap arsitek yang tidak (atau tidak mau) bekerja sama dengan konsultan akustik yang baik, dapat dianggap bahwa arsitek tersebut (mohon maaf) tidak berkompeten dalam bidangnya.

Peralatan tata suara yang efektif dan berkualitas tinggi dapat menjadi tersamarkan dan menyatu dengan arsitektur ruangan jika konsultan dan arsitek mau bekerja sama.

Artikel Selanjutnya : Beberapa konsekuensi desain akustik dan tata suara yang buruk

Leave a Comment