7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung

7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung

Kenapa Anda Harus Mengetahui Tentang Jenis Lighting?

Bagi Anda yang akan menggelar suatu event atau hanya tertarik memahami dunia stage lighting tapi bingung dengan sekian banyaknya model dan jenis lighting yang ada? Tenang saja, kali ini kita akan membahas model dan jenis lighting yang paling sering dipakai dalam sebuah acara baik itu panggung musik, theater, film, ataupun pagelaran seni budaya dan panggung hiburan lainnya.

7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung

Kami akan memperkenalkan kepada Anda secara singkat jenis – jenis stage lighting atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah ‘lampu panggung’. Fungsi utama stage lighting adalah untuk membuat panggung jadi semakin dramatis dan lebih meriah. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa jenis lighting yang paling sering dipakai dalam setiap event.

Berikut adalah jenis- jenis stage lighting yang paling sering dipakai:

1. PAR (Parabolic Aluminized Reflector)

1. PAR (Parabolic Aluminized Reflector)
PAR (Parabolic Aluminized Reflector)

PAR adalah jenis lampu statis yang tidak bisa bergerak. Bentuknya parabola dengan LED kecil beraneka warna memenuhi sisi parabola. Saat lampu menyala, panggung akan terkena cahaya warna-warni yang memenuhi  setiap sisi.

Penyedia layanan sewa lampu panggung biasanya memiliki banyak jenis PAR yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Masing-masing PAR memiliki kemampuan untuk membuat ambient atau suasana tertentu yang pas untuk pertunjukan.

2. Panel

2. Panel
Panel

Jenis lampu ini biasanya berbentuk lempengan besar atau kecil (modular) yang bisa disambungkan satu dengan lainnya. Lampu jenis ini digunakan sebagai flood atau latar belakang dengan warna yang sama.

Lampu panel jenis modular bisa digunakan untuk pengganti layar video. Jadi, penampilan dari artis bisa diperbesar di layar yang disediakan. Biasanya event organizer menggunakan metode pixel mapping untuk menampilkan video atau efek lampu unik lain dari lampu panel ini.

3. Pinspot

3. Pinspot
Pinspot

Pinspot adalah lampu yang digunakan untuk memberi efek spot light. Lampu jenis ini biasanya diletakkan di beberapa titik panggung dan digerakkan sesuai program. Lampu akan menembakkan cahaya ke atas, kiri, dan kanan untuk menambah kemeriahan panggung.

4. Cannon

4. Cannon
Cannon

Canon adalah lampu jenis fixture yang mampu menghasilkan beam yang cukup besar. Efek pada lantai ini biasanya terpusat sehingga seperti ada satu titik fokus. Cannon biasanya digunakan untuk memberikan efek dramatisir pada artis yang sedang tampil.

Umumnya cannon memiliki efek cahaya putih dan akan berpendar saat lingkungan di sekitarnya.

5. Centerpiece

5. Centerpiece
Centerpiece

Centerpiece adalah lampu yang diletakkan di tengah-tengah panggung. Efek cahaya yang ditimbulkan oleh lampu ini menjangkau semua wilayah panggung dengan beam yang bervariasi. Ada yang berupa cahaya kecil-kecil, ada juga cahaya besar dengan warna tertentu.

Lampu panggung jenis centerpiece ini biasanya berupa bola atau dome yang memendarkan cahaya dan memberikan efek moonflower. Selanjutnya centerpiece juga bisa berupa moving head yang akan menembakkan efek cahaya ke segala arah.

6. Follow Spot

 6. Follow Spot
Follow Spot

Follow spot adalah fixture yang digunakan untuk memberikan efek spot light ukuran besar. Berbeda dengan beberapa lampu panggung yang dijalankan secara otomatis, lampu ini dijalankan secara manual oleh operator yang berada di depan atau samping panggung.

Fungsi utama dari follow spot ini adalah mengikuti pergerakan dari objek yang sedang melakukan performance-nya. Lampu ini akan menyorot objek ke mana pun berjalan sehingga fokus dari penonton hanya akan tertuju pada objek tersebut.

7. Moving Head

7. Moving Head
Moving Head

Moving head, salah satu yang paling sering kita jumpai selain PAR, adalah fixture yang mempunyai head/kepala yang dapat bergerak karena terdapat motor di dalamnya yang mengatur posisi, arah, dan kecepatan gerakan.

Demikianlah ulasan beberapa jenis lampu panggung yang sering digunakan untuk kebutuhan stage lighting sebuah acara atau event. Informasi ini kami khususkan bagi Anda yang sedang bingung menentukan keperluan lighting untuk acara yang akan digelar.

Kami juga merekomendasikan Vincent Maestro Group sebagai solusi kebutuhan lighting Anda. Selain sudah berpengalaman dan memiliki standard kualitas tinggi, perusahaan ini juga menyediakan konsultasi bagi kebutuhan lighting untuk acara yang akan Anda digelar.

Semoga informasi dari kami ini dapat berguna bagi Anda.

Summary
7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung
Article Name
7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung
Description
Artikel ini membahas tentang beberapa jenis lighting yang sering dipakai untuk kebutuhan panggung beserta fungsinya. Dengan tujuan untuk memudahkan Anda yang akan melaksanakan event dapat memilih lighting sesuai kebutuhan.
Author
Publisher Name
Vincent Maestro Group
Publisher Logo

2 Replies to “7 Jenis Lighting yang Paling Sering Dipakai Untuk Kebutuhan Panggung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *